12 November 2008

5 Langkah Melejitkan Potensi Pengajaran Bahasa Inggris ditingkat SD


1. Guru harus mempelajari dan menguasai metode atau teknik pengajaran bahasa Inggris untuk tingkat SD, karena di SD ketrampilan yang diajarkan adalah mendengarkan (listening) dan berbicara (speaking), dengan materi kosa kata dan kalimat sederhana.


2. Guru terus menerus meningkatkan penguasaannya terhadap teknik pengajaran dan penguasaan materi.


3. Pihak sekolah memfasilitasi guru kelas untuk mendapatkan pelatihan yang memadai, tanpa pelatihan yang cukup sulit bagi guru untuk menguasai tekni dasar pengajaran bahasa Inggris.


4. Guru melakukan "lesson study" dengan cara bertandang ke sekolah lain yang dianggap bagus mutu pengajaran bahasa Inggrisnya (study banding) atau ke tempat kursus-kursus bahasa Inggris. Hal ini untuk merangsang kreatifitas Guru dalam menyampaikan materi kepada anak didiknya nanti.


5. Guru harus cerdas dan kreatif dalam membuat alat bantu pengajaran, termasuk permainan yang unik/menarik atau lagu-lagu bahasa Inggris.


Di kelas 1 - 4 tidak dilakukan kegiatan tulis-menulis dan tidak ada TES, agar siswa tidak merasa terbebani, hal ini untuk menjaga agar motivasi belajar bahasa Inggris mereka tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sangat ditunggu komentarnya